Buah dengan Kemampuan Penangkal Penyakit

Kamu pernah mendengar bahwa makan sebuah Apel tiap hari dapat membuat anda jauh dari penyakit? Jika kamu pernah mendengar, saya dapat mengatakan bahwa itu benar. Akan tetapi tidak hanya Apel saja yang dapat menjauhkan anda dari penyakit dan hidup lebih sehat, semua buah mengandung vitamin dan antioksidan yang menjaga kekebalan tubuh. Tetapi ada beberapa buah yang mempunyai efek lebih kuat dan bisa membuat anda terasa lebih sehat.

Lemon dan Limau (Citrus sp.)

Limau dan saudara kembarnya, lemon adalah pembersih tubuh yang paling baik. Alih-alih mengisi tubuh anda dengan air biasa, tambahkan perasan air lemon atau limau. Setelah beberapa bulan, tumpukan lemak di tubuh anda akan mulau luruh dan dibuang. Campurkan lemon kedalam salad sayur dan buah bersamaan dengan minyak zaitun. Perasan lemon atau limau juga bisa anda masukkan kedalam nasi atau ikan, membuatnya menjadi gurih meskipun tanpa garam. Lemon atau limau dapat pula digunakan untuk campuran jus apel atau melon, membuatnya tidak sekedar manis.

 

Melon, Timun Suri, Blewah dan Semangka (Cucumis sp.)

Melon dan kawan-kawannya ini adalah buah yang baik disantap tiap hari untuk mempertahankan kesehatan anda. Kandungan air yang tinggi dilengkapi dengan kalium dan vitamin C membuat anda terhindar dari dehidrasi. Campurkan melon dengan semangka, daun mint, madu dan air mineral sebagai minuman penyegar. Melon juga dapat digunakan sebagai sarapan, makanan ringan siap saji atau makanan penutup. Melon memiliki kalori yang rendah dan gula alami yang menyediakan energi instan bagi tubuh.

Kelapa Muda (Cocos nucifera)

Buah Kelapa muda terdiri dari daging buah dan air kelapa. Daging buah kelapa menghasilkan lemak nabati yang mendorong metabolisme tubuh dan bertanggung jawab atas perawatan dan pertumbuhan rambut. Berkaitan dengan dorongan terhadap metabolisme, lemak nabati dalam kelapa dapat menyebabkan turunnya berat badan anda. Air kelapa selain menyediakan energi dan stamina juga berfungsi sebagai penawar racun yang telah digunakan sejak nenek moyang kita. Bahkan pertolongan pertama darurat survival dalam militer menggunakan infus air kelapa untuk menggantikan cairan tubuh seseorang. Berhubung kelapa adalah buah yang fleksibel, anda dapat menyantapnya dengan cara sesuka anda.

 

 

Alpukat (Persea americana)

Alpukat ini adalah buah yang paling bagus untuk ibu hamil. Selian mengandung lemak nabati yang baik, alpukat mengandung vitamin K, vitamin B6 dan asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain itu alpukat juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah dengan dijadikan masker. Untuk anda yang doyan ngemil, blender alpukat dengan minyak zaitun, lemon, air dan sedikit garam. Campurkan juga tomat jika anda suka. Alpukat juga bisa digunakan sebagai pengganti mentega pada roti sarapan anda. Saya sendiri secara pribadi sangat menyukai alpukat, baik dibuat jus maupun dipotong-potong dan ditambakan madu diatasnya.

 

Delima (Punica granatum)

Buah ini asalnya dari Asia Barat atau Timur Tengah yang mungkin masuk Nusantara dibawa oleh para pedagang Islam pada masa lalu. Buah yang sudah ada sejak lama ini baru populer akhir-akhir ini. Padahal nenek moyang kita, terutama orang jawa telah memasukkan Delima kedalam resep jamu, obat dan tonik penambah stamina untuk kalangan bangsawan. Delima memiliki antioksidan yang sangat tinggi, menjaga anda dari kuman dan virus penyakit yang menyerang. Jus buah delima yang berwarna merah pekat memang sedikit asam tapi merupakan peluruh lemak yang baik. Campur buah delima dengan selai, dibuat jus atau menyeduh bijinya sebagai teh adalah salah satu dari sekian banyak cara memanfaatkan Delima untuk kesehatan anda.

Pisang (Musaceae sp.)

Menurut Wikipedia, Pisang memiliki nilai energi dua kali lipat daripada apel dengan satuan berat yang sama. Semua energi pisang berasal dari karbohidrat yang dikandungnya. Pisang sangat kaya mineral yakni kalium, magnesium, fosfor, kalsium dan besi. Hampir seluruhnya dapat diserap oleh tubuh. Pisang hanya mengandung lemak 0,3% saja sehingga baik untuk diet. Selain itu pisang juga banyak mengandung vitamin A, B dan B6. Peran vitamin B6 adalah mendukung ketersediaan energi bagi otak dalam aktivitas sehari-hari sehingga mengkonsumsi pisang di pagi hari dapat membuat anda lebih produktif dalam bekerja.

 

 


Mungkin inilah rahasia sehat dan panjangnya usia produktif orang-orang di jaman kakek nenek kita. Makanan mereka dipenuhi oleh buah, lingkungan yang masih alami dan bebas polutan. Untuk mereka-mereka yang selalu terjebak dalam lingkungan penuh polutan, alangkah lebih baiknya menyisihkan sebagian rejekinya untuk membeli buah-buahan, selain enak juga sehat. Pastikan anda selalu membeli buah lokal dari pedagang lokal untuk membantu membangun perekonomian bangsa. Bagaimana menurut anda?

Sumber : http://www.i2harmony.info/buah-untuk-menjaga-kesehatan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: